Abstract
Adversity Quotient (AQ) merupakan suatu bentuk pengukuran yang digunakan untuk mengetahui kemampuan 
seseorang dalam merespons suatu tantangan atau kesulitan dalam kehidupannya untuk mencapai suatu 
keberhasilan. Salah satu tantangan dan kesulitan bagi mahasiswa keperawatan adalah menghadapi program 
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan Metode Student Centered Learning(SCL). Tujuan penelitian 
ini untuk mengetahui gambaran Adversity Quotientmahasiswa baru yang sedang mengikuti Kurikulum Berbasis 
Kompetensi dengan Metode Student Centered Learning(SCL). Metode penelitian yang digunakan adalah metode 
deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah total populasi dengan jumlah sampel 142 orang 
mahasiswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi dari Adversity Response Profile 
Quick TakeTM
. Hasil penelitian didapatkan Adversity Quotientmahasiswa baru yang sedang mengakui KBK 
dengan metode SCL adalah sebagian besar responden yaitu 87 orang (61,27%) pada kelompok climber, sebagian 
kecil dari responden yaitu 50 orang (35,21%) pada kelompok transisi camperke climber, sebagian kecil dari 
responden yaitu 5 orang (3,52%) pada kelompok camper,tidak seorang pun responden yaitu 0 orang (0.00%) 
pada kelompok transisi quitterke camper dan tidak seorang pun responden yaitu 0 orang (0.00%) pada kelompok 
quitter. Mahasiswa pada posisi climbermelihat masalah yang ada saat menjalani program profesi sebagai tantangan.
Kata kunci: Adversity quotient, mahasiswa, student centered learning
Â
Abstract
Adversity Quotient (AQ) is a form of measurement that used to determine a person’s ability to respond of 
challenges or difficulties as part of achieving a success in life. The challenges and difficulties for nursing students 
occurred when Competency-Based Curriculum (CBC) has applied using Student Centered Learning (SCL) 
method. The purpose of this study was to explore the Adversity Quotient Force of nursing students from class 
of 2011 who applied CBC and SCL as their study method. The research method was descriptive quantitative. 
Samples were 142 nursing student from class of 2011 who chosen by total sampling technique. The data were 
collected using a modification of the Adversity Response Profile Quick TakeTM tools. The result showed the 
majority of Adversity Quotient of respondent who attended CBC with SCL method was in climber categories 
with 87 people (61.27%). The second majority was transition to a camper climber with 50 people (35.21%), and 
then followed by camper, camper quitter, and quitter with 5 persons (3.52%), 0 (0.00%), 0 (0.00%), respectively.
Key words:Adversity quotient, students, student centered learning