Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Original

Vol. 4 No. 3 (2016): Jurnal Keperawatan Padjadjaran

Efektifitas Terapi Mendongeng terhadap Kecemasan Anak Usia Toddler dan Prasekolah Saat Tindakan Keperawatan

DOI
https://doi.org/10.24198/jkp.v4i3.287
Submitted
April 5, 2017

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa hospitalisasi menjadi saat yang memberikan perasaan tidak nyaman bagi
anak yang dapat mengakibatkan kecemasan. Hasil studi pendahuluan pada Ruang Anak RS X ditemukan 6 pasien
kategori toddler-prasekolah menunjukkan reaksi cemas ketika akan dilakukan tindakan keperawatan, sedangkan
4 pasien sebaliknya. Peran perawat dalam hal ini adalah mendukung perilaku koping anak, menstimulasi
perkembangannya, dan mengurangi ketidaknyamanan, salah satu caranya dengan terapi mendongeng. Tujuan
penelitian untuk mengetahui pengaruh terapi mendongeng terhadap tingkat kecemasan anak usia toddler
dan prasekolah selama tindakan keperawatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain
eksperimen semu ini menggunakan pendekatan posttest design with a comparison group. Variabel yang digunakan
adalah terapi mendongeng dan tingkat kecemasan. Sampel penelitian menggunakan teknik quota purposive
sampling, yaitu 15 sampel untuk tiap kelompok. Hasil penelitian menunjukkan mean skor kecemasan toddler
4.40, sedangkan prasekolah 1.80, artinya skor kecemasan prasekolah lebih rendah dibandingkan toddler setelah
terapi mendongeng. Simpulan penelitian menunjukkan terdapat perbedaan skor kecemasan pada usia toddler
dan prasekolah setelah pemberian terapi mendongeng. Namun, terapi lebih efektif diberikan kepada prasekolah.

Article Matrics
Abstract views : 3012 times PDF Downloads: 1789

Downloads

Download data is not yet available.

References

  1. Alfiyanti, D., Hartiti, T., & Samiasih, A.
  2. (2007). Pengaruh terapi bermain terhadap
  3. tingkat kecemasan anak usia prasekolah
  4. selama tindakan keperawatan di Ruang
  5. Lukman Rumah Sakit Roemani Semarang.
  6. Jurnal Keperawatan, 35-44.
  7. Andriana, D. (2011). Tumbuh kembang &
  8. terapi bermain pada anak. Jakarta: Salemba
  9. Medika.
  10. Burns, N., & Grove, S.K. (2007).
  11. Understanding nursing research "Building an
  12. evidence based practicce" (4th Ed.). Missouri:
  13. Saunders Elseviers.
  14. de Vries, P. A. (2008). Parental perception
  15. of music in storytelling session in a Public
  16. Library. Early Childhood Educ J., 473-478.
  17. Dillon, P.M. (2007). Nursing health
  18. assessment: A critical thinking, case studies
  19. approach. Philadelphia: F. A. Davis Company.
  20. Done, A. (2001). The therapeutic use of storytelling. Paediatric Nursing, 17-20.
  21. Handayani, R., & Puspitasari. (2009). Pengaruh
  22. terapi bermain terhadap tingkat kooperatif
  23. selama menjalani perawatan pada anak usia
  24. prasekolah (3-5 tahun) di Rumah Sakit Panti
  25. Rapih Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Surya
  26. Medika.
  27. Hockenberry, M.J., & Wilson, D. (2013).
  28. Wong’s essentials of pediatric nursing (9th
  29. Ed.). St. Louis: Mosby).
  30. Kanchan, L., Chandra, S. M., & Aarti, S.
  31. (2015, Oktober). A Randomized Clinical Trial
  32. to Evaluate the Effectiveness of Storytelling
  33. by Researcher on the Hospitalization Anxiety
  34. of Children Admitted in Pediatric Ward of
  35. Selected Hospitals of District Patiala, Punjab.
  36. International Journal of Science and Research
  37. (IJSR), 4(10), 706-709.
  38. Notoatmodjo. (2010). Metodologi Penelitian
  39. Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
  40. Parker, T.S., & Wampler, K.S. (2010).
  41. Changing emotion: The use of therapeutic
  42. storytelling. Journal of Marital and Family
  43. Therapy, 32, 155-166.
  44. Potter, P.A. (2005). Buku ajar fundamental
  45. keperawatan: Konsep, proses, dan praktik.
  46. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
  47. Purwandari, H., Mulyono, W.A., & Sucipto,
  48. A. (2010). Terapi bermain untuk menurunkan
  49. kecemasan perpisahan pada anak prasekolah
  50. yang mengalami hospitalisasi. Jurnal
  51. Keperawatan Profesional Indonesia, 52-59.
  52. Sue, D.C. (2010). Fundamentals of nursing:
  53. Standards & practice, (2nd Ed.). New York:
  54. Delmar.
  55. Wong, D.L. (2008). Wong, buku ajar
  56. keperawatan pediatrik (Vol 2). Jakarta: EGC.