Adversity Quotient Mahasiswa Baru yang Mengikuti Kurikulum Berbasis Kompetensi

Nita Fitria, Taty Hernawati, Nur Oktavia Hidayati

Abstract


Adversity Quotient (AQ) merupakan suatu bentuk pengukuran yang digunakan untuk mengetahui kemampuan
seseorang dalam merespons suatu tantangan atau kesulitan dalam kehidupannya untuk mencapai suatu
keberhasilan. Salah satu tantangan dan kesulitan bagi mahasiswa keperawatan adalah menghadapi program
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan Metode Student Centered Learning(SCL). Tujuan penelitian
ini untuk mengetahui gambaran Adversity Quotientmahasiswa baru yang sedang mengikuti Kurikulum Berbasis
Kompetensi dengan Metode Student Centered Learning(SCL). Metode penelitian yang digunakan adalah metode
deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah total populasi dengan jumlah sampel 142 orang
mahasiswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi dari Adversity Response Profile
Quick TakeTM
. Hasil penelitian didapatkan Adversity Quotientmahasiswa baru yang sedang mengakui KBK
dengan metode SCL adalah sebagian besar responden yaitu 87 orang (61,27%) pada kelompok climber, sebagian
kecil dari responden yaitu 50 orang (35,21%) pada kelompok transisi camperke climber, sebagian kecil dari
responden yaitu 5 orang (3,52%) pada kelompok camper,tidak seorang pun responden yaitu 0 orang (0.00%)
pada kelompok transisi quitterke camper dan tidak seorang pun responden yaitu 0 orang (0.00%) pada kelompok
quitter. Mahasiswa pada posisi climbermelihat masalah yang ada saat menjalani program profesi sebagai tantangan.

Kata kunci: Adversity quotient, mahasiswa, student centered learning

 

Abstract
Adversity Quotient (AQ) is a form of measurement that used to determine a person’s ability to respond of
challenges or difficulties as part of achieving a success in life. The challenges and difficulties for nursing students
occurred when Competency-Based Curriculum (CBC) has applied using Student Centered Learning (SCL)
method. The purpose of this study was to explore the Adversity Quotient Force of nursing students from class
of 2011 who applied CBC and SCL as their study method. The research method was descriptive quantitative.
Samples were 142 nursing student from class of 2011 who chosen by total sampling technique. The data were
collected using a modification of the Adversity Response Profile Quick TakeTM tools. The result showed the
majority of Adversity Quotient of respondent who attended CBC with SCL method was in climber categories
with 87 people (61.27%). The second majority was transition to a camper climber with 50 people (35.21%), and
then followed by camper, camper quitter, and quitter with 5 persons (3.52%), 0 (0.00%), 0 (0.00%), respectively.

Key words:Adversity quotient, students, student centered learning


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/jkp.v1i2.57

DOI (PDF): https://doi.org/10.24198/jkp.v1i2.57.g54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JKP is indexed on:

http://jkp.fkep.unpad.ac.id/public/site/images/admin/IPI5.pnghttp://jkp.fkep.unpad.ac.id/public/site/images/admin/isjd1.png

Jurnal Keperawatan padjadjaran


Faculty of Nursing, Universitas Padjadjaran
Jalan Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: 085317736810

Tlp. 022-7795596 
Email: jkp.fkep@unpad.ac.id

Creative Commons License
JKP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License